Taman Nasional Gunung Gede Pangrango


(TNGGP) adalah salah satu Wisata Alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Mandalawangi. Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

puncak gede pangrango

Yang Menarik dari Gunung Gede Pangrango
Berbagai jenis tumbuhan dengan spesies unik bisa ditemukan di dalam kawan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini. Mulai dari  “si pohon raksasa” Rasamala, “si pemburu serangga” atau kantong semar (Nephentes spp); berjenis-jenis anggrek hutan, dan bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

Selain tumbuhan, Taman Nasional yang diresmikan pada tahun 1980 ini juga menjadi habitat bagi berbagai satwa liar seperti kepik raksasa, sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti Kijang, Pelanduk, Anjing hutan, Macan tutul, Sigung, dll, serta 250 jenis burung. Kawasan ini juga merupakan habitat Owa Jawa, Surili dan Lutung dan Elang Jawa yang populasinya hampir mendekati punah.

Keindahan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tentu saja bagi para pendaki, daya tarik dari Gunung Gede Pangrango adalah keindahan dan panorama alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain kecuali di Gede Pangrango ini. Sulit memang untuk dilukiskan dengan kata-kata, Anda harus mengunjunginya sendiri dan rasakan sensasinya.

Untuk jalur mendaki dari Cibodas, Anda akan merasakan sensasi yang sama ketika mengunjungi Curug Cibeureum karena memang memiliki jalan yang sama. Selanjutnya Anda akan terus mengikuti jalur pendakian dengan pemandangan hutan tropis yang menakjubkan. Ada mata air panas yang sering digunkan para pendaki untuk beristirahat.

Ada juga Kandang Badak yang merupakan persimpangan antara jalur Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Anda bisa memilih mau mendaki gunung yang mana terlebih dahulu. Lalu ada tanjakan rante yang memiliki kemiringan hampir 180 derajat. Disana Anda akan dibantu oleh pancang tali yang sudah dipersiapkan.

Mendekati puncak Gunung Gede, pepohonan yang tumbuh semakin pendek dengan spesies yang unik. Begitu sampai puncak, pemandangan yang indah akan Anda jumpai. Dan untuk sampai di puncak kawah, Anda harus berjalan beberapa kilo menyusuri puncak Gede Pangrango dimana di sebelah kiri dan kanan Anda adalah tebing yang curam.

Jika cuaca memungkinkan, Anda bisa berkemah di puncak Gunung Gede yang menghadap langsung ke kawah. Pemandangannya sangat luar biasa. Tapi jika cuaca sedang tidak bersahabat, sebaiknya Anda turun ke Alun-Alun Suryakancana yang ada disisi lain tebing Gunung Gede. Di Alun-Alun tersebut, Anda bisa menemukan lapangan luas yang hanya ditumbuhi oleh rerumputan dan pohon Edelweis yang terkenal itu. Saatnya berfoto-foto di ladang alam Edelweis yang sangat luas dan indah.

Sekali lagi, ilustrasi diatas tak akan bisa melukiskan keindahan sebenarnya dari pengalaman mendaki Gunung Gede Pangrango. Anda bisa menggunakan jasa pendakian dan camping Gede Pangrango yang kami sediakan. Jika ada pertanyaan, silahkan kontak kami.

Selamat Berpetualang 😀

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Nasional Gunung Gede Pangrango"

Posting Komentar